Memilih Nama Sebuah Band

Bagaimana menentukan sebuah nama untuk band/grup musik? sama saja. sebuah band dipilih karena punya arti dan filosofi tersendiri. yang diharapkan mampu memberikan efek secara tidak langusng terhadap band tersebut.

Menentukan sebuah nama untuk seorang anak manusia yang baru terlahir ke dunia, tentu tidak sembarangan dipilih dan ditentukan oleh orang tua yang melahirkannya. pastinya punya arti dan harapan tersendiri dari proses penamaan itu sendiri. begitupun untuk sebuah brand/produk, perusahaan, dll.

Sebagai contoh,Noah, Dewa 19, Radja, Ratu, d’Masiv, Gigi, kaisar, dll. adalah nama yang mempunyai arti dan filosofi yang mengarah kepada kebesaran, kekuasaan, kesinambungan, dan arti-arti yang megah. korelasinya, kebetulan atau tidak nama-nama band tersebut menjadi band-band yang mampu menduduki tahta tertinggi dalam peraturan musik indonesia. setuju atau tidak, begitulah faktanya.

Tapi banyak juga band yang tidak terlalu memikirkan nama dan terkesan apa adanya dalam menamakan band, bisa juga meraih sukses. Slank adalah sebuah contoh nama yang tidak mempunyai arti secara harafiah, namun buktinya Slank adalah band yang mempunyai nama besar dan sukses luar biasa dalam dunia musik indonesia.

Menarik untuk dicermati dalam hal penamaansebuah band antara band-band dunia dengan band-band di indonesia. band-band terkenal dunia rata-rata memilih/mengunakan dari penggalan 2-3 kata untuk bandnya. misalkan Led Zeppelin, Guns N Roses, Deep Purple, Rolling Stones, Linkin Park, dll. berbeda dengan band-band populer di indonesia yang rata-rata hanya memilih 1 kata saja. misalkan Slank, Gigi, Nidji, Ungu, Peterpan, dll.

Apalah arti sebuah nama, jika hal yang paling utama dalam musik (Kualitas*), tidak diracik secara apik. sebuah nama bukan jaminan sebuah kesuksesan. tetapi, tidak salah juga jika anda punya band/grup musik yang masih merintis, memilih nama yang bagus yang mempunyai arti dan filosofi yang bagus juga.

Mungkin, untuk di indonesia dengan memilih hanya 1 kata ditujukan agar mudah diingat dan tidak susah diucapkan oleh para pecinta musik. karean orang indonesia biasa mengambil mudahnya saja…:-). kebanyakan orang indonesia juga hanya menyebut satu kata saja untuk band-band luar negeri. misalkan Deep Purple hanya diucapkan “Purple” saja. atau Rolling Stones hanya diucapkan dengan “Stone” saja…



Gabung di fans page/twitter Faners

1 komentar: